Dalam Python, Anda dapat menggunakan modul tkinter untuk menciptakan program-program GUI sederhana.

Judul Buku: LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON
Penulis:Vivian Siahaan,Rismon Hasiholan Sianipar
Tanggal Terbit 2019-05-24 oleh SPARTA PUBLISHING
ISBN: /
Total Halaman:
Kategori Buku:Computers
Buku Tentang: Pemrograman

Download LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON eBook


Get the Ebook

Dalam Python, Anda dapat menggunakan modul tkinter untuk menciptakan program-program GUI sederhana. Python tidak memiliki fitur-fitur pemrograman GUI yang inheren di dalamnya. Namun, ia memiliki sebuah modul dengan nama tkinter yang dapat dipakai untuk menciptakan program-program GUI sederhana. Nama “tkinter” merupakan singkatan dari “Tk Interface”, yang dinamai seperti itu karena memberikan cara bagi programer Python untuk menggunakan sebuah pustaka GUI dengan nama Tk. Banyak bahasa pemrograman lain yang juga menggunakan pustaka Tk. Buku ini merupakan buku pemrograman GUI menggunakan Python yang difokuskan untuk pembelajaran efektif, dengan merancang sendiri empat aplikasi GUI terapan: Editor Teks Kompleks, E-Drum, Game Catur, dan Paint. Dengan memiliki sedikit pengetahuan pemrograman Python, buku ini dirancang untuk pembelajar mandiri, mahasiswa, insinyur, dan bahkan peneliti dalam berbagai displin ilmu. Pada Bab 1, Anda akan belajar: Bagaimana menggunakan modul tkinter; Bagaimana menciptakan jendela kosong; Bagaimana menggunakan widget Label; Bagaimana menggunakan widget Button; Bagaimana menggunakan widget Frame. Pada Bab 2, Anda akan membangun sebuah editor teks yang memiliki sejumlah fitur. Aplikasi ini diberi nama Editor Teks. Fitur-fitur yang tercakup pada editor teks ini: Menciptakan dokumen baru, membuka dan mengedit dokumen yang telah ada, dan menyimpan dokumen; Mengimplementasikan opsi-opsi pengeditan seperti cut, copy, paste, undo, dan redo; Melakukan pencarian pada sebuah file untuk suku pencarian tertentu; Mengimplementasikan penomoran baris dan kemampuan untuk menampilkan/menyembunyikan nomor baris; Mengimplementasikan seleksi tema agar user dapat memilih tema warna untuk editor; Mengimplementasikan jendela about dan help. Pada Bab 3, Anda akan mengekspansi pengalaman dengan Tkinter untuk membuat aplikasi musik. Anda akan membangun sebuah GUI E-DRUM lintas-platform menggunakan Tkinter dan sejumlah modul Python lain. Berikut adalah sejumlah tujuan kunci pada bab ini: Belajar menstrukturisasi program-program Tkinter dalam gaya pemrograman berorientasi-objek; Mempelajari lebih dalam widget-widget Tkinter seperti Spinbox, Button, Entry, dan Checkbutton; Menerapkan manajer geometri grid pada projek praktis; Memahami pentingnya pemilihan struktur data yang tepat dalam program; Belajar mengikat fungsi-fungsi callback orde-tinggi pada widget; Belajar menggunakan Tkinter dalam kaitannya dengan modul standar dan modul pihak ketiga; Memahami kebutuhan multithreading dan bagaimana menuliskan aplikasi multithread; Belajar tentang serialisasi objek; Memahami tentang widget-widget ttk. Pada Bab 4, Anda akan membangun game catur dengan Tkinter. Jika Anda telah mengetahui dasar-dasar aturan catur, artinya Anda telah siap menulis program ini. Namun, jika Anda belum mengetahuinya, Anda perlu membacanya sebelum mulai memprogram aplikasi ini. Berikut adalah sejumlah tujuan kunci pada bab ini: Belajar bagaimana menstrukturisasi sebuah program dalam arsitektur Model-View-Controller (MVC); Belajar bagaimana mengatasi kompleksitas dengan mengimplementasikan program dalam sebuah struktur modular; Mempelajari kekuatan dari widget Canvas dari Tkinter; Belajar penggunaan dasar dari koordinat, ID objek, dan tag dari Canvas; Belajar penanganan error yang direkomendasikan; Belajar bagaimana mengekspansi tipe-tipe data built-in pada Python; Menggunakan pewarisan objek untuk menuliskan kelas-kelas dengan atribut-atribut dan watak yang sama; Menggunakan modul pustaka Python configparser untuk menyimpan preferensi-preferensi program; Mengenal sejumlah modul Python yang sering digunakan pada sejumlah aplikasi. Pada Bab 5, selain mengeksplorasi widget Canvas, Anda juga akan mengembangkan sebuah framework GUI kecil yang ada di atas antarmuka Tkinter. Seperti yang nanti Anda lihat, framework merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan pendaur-ulangan kode. Framework merupakan salah satu perangkat untuk RAD (Rapid Application Development). Di sini, Anda akan: Mendalami API (Application Program Interface) untuk widget Canvas; Belajar membangun dan menggunakan framework GUI untuk memaksimalkan pendaur-ulangan kode dan RAD; Belajar menggunakan modul colorchooser dari Tkinter; Belajar menggunakan widget ComboBox; Mengenal metode-metode widget yang disediakan. Akhir kata, semoga apa yang disuguhkan pada buku ini menjadi bermanfaat bagi keahlian pembaca dalam menciptakan dan menerapkan GUI Python. TERIMAKASIH.

Web site ini memberikan E books Pemrograman GRATIS untuk anda unduh. LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON adalah satu dari sekaian banyak buku bagus untuk anda peroleh melalui kami, portal nuku gratis, perpustakaan terbaik untuk buku premium gratis. Anda dapat buku kategoriComputersSecara GRATIS di sini. Tidak perlu repot untuk registrasi untuk mendownload e-books secara gratis. Kami memiliki jutaan koleksi e book Pemrograman danComputers.Download Pemrograman ebooks GRATIS!
download LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON ebook dalam bentuk PDF, EPUB, MOBI, AZW and AZW3, FB2, DJVU, LIT, RFT, IBA, LRS, LRF, dan LRX.
downloadComputersebooks
Banyak sekali e books tentang LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON yang dapat kamu download di sini. Mau punya ebook LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON tanpa beli alias gratis?
anda berada di tempat yang tepat! Miliki ebook LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON oleh:Vivian Siahaan,Rismon Hasiholan Sianipar.

Berjudul: LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON

Detail Buku:
  1. Buku telah memperoleh rating pada 40 by Google Books untuk buku LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON
  2. LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON diterbitkan oleh SPARTA PUBLISHING sejak 2019-05-24 with ISBNs. ISBN buku adalah dan
  3. Jumlah halaman buku " Pages" dan dicetak BOOK pada kategoriComputers
  4. Buku ditulis dalam bahasa id

Get the Ebook

Book Preview


Tidak dapat mendownload? Coba alternatif links untuk "LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN APLIKASI DENGAN GUI PYTHON by:Vivian Siahaan,Rismon Hasiholan Sianipar":